saldi isra

Hotman Paris Hutapea Vs. Saldi Isra: Kisah Kontroversi di Balik Kursi Mahkamah Konstitusi

saldi isra

Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi, Saldi Isra, menjadi pusat perhatian setelah diperdebatkan oleh Hotman Paris Hutapea. Hotman secara terang-terangan mengungkapkan kecurigaannya terhadap Saldi dan hakim lainnya, Enny Nurbaningsih, yang diduga akan memberikan pendapat berbeda dalam suatu kasus.

Hotman, dalam pernyataannya di Gedung MK pada Senin (22/4/2024), telah lama meramalkan bahwa pendapat Saldi dan Prof. Enny akan berbeda, menyebutnya sebagai “dissenting opinion”. Dia juga menyuarakan keraguan atas pengalaman hukum Saldi, menunjukkan persamaan pandangan mereka terkait Sirekap.hotman paris

Pernyataan-penyataan tajam Hotman, termasuk di media sosialnya, menyoroti ketidaksetujuannya terhadap Saldi, menyebutnya kurang berpengalaman, terutama dalam konteks penanganan perkara hukum. Dia merasa heran mengapa Saldi memarahinya saat dia mengecam penggunaan waktu yang berlebihan dalam pembahasan teknologi Sirekap.

Dalam konteks ini, muncul perdebatan publik tentang riwayat karier Saldi. Apakah benar Saldi kurang berpengalaman, terutama dalam menangani perkara hukum, seperti yang dituduhkan oleh Hotman?

Mengacu pada profil resmi Saldi di situs Mahkamah Konstitusi, kita menemukan bahwa sebelum menjabat di Mahkamah Konstitusi, Saldi telah mengukir prestasi cemerlang di dunia akademik. Lulus dengan predikat Summa Cum Laude dari Fakultas Hukum Universitas Andalas pada tahun 1995, Saldi langsung diterima sebagai dosen di Universitas Bung Hatta.

Meskipun sempat kembali ke Universitas Andalas, Saldi telah mengabdikan dirinya selama 22 tahun di dunia akademik, menyelesaikan pendidikan pascasarjananya dan akhirnya diakui sebagai Guru Besar pada tahun 2010. Dia juga aktif sebagai penulis di berbagai media massa dan jurnal, serta berkontribusi dalam gerakan antikorupsi.

Prestasinya mengantarkannya ke posisi hakim konstitusi pada tahun 2017, yang kemudian dipilih sebagai Wakil Ketua MK untuk periode 2023-2028. Ini menunjukkan bahwa, meskipun kontroversial, Saldi telah membuktikan dirinya sebagai seorang ahli yang dihormati dalam bidangnya.

Artikel Lainnya

Rekomendasi Villa untuk kamu

Compare listings

Compare
error: Content is protected !!